Selamat Datang di Website MGMP IPA SMP Kabupaten Blitar. Bapak/Ibu yang berminat artikelnya dimuat di website ini silakan kirim ke email kami: slametriyadi19660712@yahoo.co.id

Jumat, 02 Juli 2010

ALEXANDER GRAHAM BELL

Alexander Graham Bell lahir di Edinburgh, Skotlandia tanggal 3 Maret 1847. Ayahnya bernama Alexander Melville Bell. Alexander Graham Bell dikenal sebagai penemu telepon. Manfaat telepon saat ini sangat besar. Semua informasi dapat langsung kita terima dari teman-teman dan saudara kita walaupun jaraknya antar negara bahkan antar benua. Bahkan perkembangan telepon saat ini sangat pesat. Telepon jadi bisa dibawa ke mana-mana. Telepon itu dinamakan Handphone (telepon seluler). Sebenarnya banyak penemu yang melahirkan ide untuk membuat alat komunikasi dengan kabel, tetapi Graham Bell lah yang pertama kali sukses dalam penemuannya.
Pada tahun 1870, ia pindah ke Kanada untuk menghindari wabah penyakit TBC yang berjangkit di Edinburgh, Skotlandia. Setahun kemudian, ia pindah ke Argentina. Alexander Graham Bell mengembangkan penelitiannya dari cara kerja telegraph tahun 1874. Tahun 1875, bersama asistennya yang bernama Thomas A Watson, Graham Bell membuat alat yang dapat mengenali bunyi suara. Telepon pertama Graham Bell diakui dan di berikan hak paten pada tanggal 7 Maret 1876. Setahun kemudian Alexander Graham Bell membuat perusahaan telepon pertama pada tanggal 9 Juli 1877. Karena jasa-jasa Graham Bell sangat besar dalam teknologi, pemerintah Perancis memberi hadiah "Volta Prize" pada tahun 1880. Hadiah dalam bentuk uang tersebut digunakan Alexander Graham Bell untuk membuat Laboratorium Volta di Washington. Setelah penemuan teleponnya, Alexander Graham Bell melanjutkan penelitian dan pengembangan di bidang komunikasi yang puncaknya adalah penemuannya yang disebut Photophone. Alat ini dapat mengirim suara dengan menggunakan gelombang cahaya. Selain itu Graham Bell juga bekerja melakukan penelitian medis. Ia menemukan teknik untuk mengajar bicara tuna rungu dengan menggunakan sebuah alat yang dinamakan Audimeter. Alat ini berfungsi untuk mengukur tingkat pendengaran seseorang. Selama hidupnya sudah 18 penemuannya diakui dan dipatenkan atas namanya sendiri dan 12 penemuannya lagi atas namanya dan teman-temannya. Tahun 1888 ia mendirikan Lembaga Geografi Nasional. Alexander Graham Bell wafat di Baddek, tanggal 2 Agustus 1922.

4 komentar:

  1. Selamat atas prestasi yang telah diraih oleh MGP IPA Kabupaten Blitar yang Bapak pimpin. Kami dari Taman Mini Indonesia Indah Jakarta, menawarkan kunjungan edukatif untuk siswa/i dengan diskon khusus.
    Kunjungan meliputi Pusat Peragaan IPTEK, Taman Burung, dan Teater Imax Keong Emas dengan film terbaru Africa the Serengeti.
    Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi marketing kami.


    Email: asepthea63@yahoo.com
    http://www.asep.or.id
    http://www.asep-taptazana.blogspot.com
    http://www.aseptaptazana.wordpress.com

    BalasHapus
  2. Terus dikembangkan Pak. Kami disini menunggu informasi dari MGMP IPA Kab. Blitar ini melalui situs ini.

    BalasHapus
  3. Terimakasih Kang Asep atas kunjungannya di situs kami. Untuk kunjungan edukasi siswa-siswi ke TMII akan kami bicarakan dengan kelompok MGMP kami.


    Untuk Pak Gun kami ucapkan terima kasih atas dukungannya

    BalasHapus
  4. kalau mau berbagi kepada rekan2 guru di blitar gmn ya....saya punya banyak "media pembelajaran", mgkn bisa berguna buat teman2,termasuk juga perangkat mengajar. Fadjar Yulianto,S.Pd(fadjaryuli@yahoo.com)

    BalasHapus